
Syeikh Abdul Qodir Jaelani (bernama lengkap Muhy al-Din Abu
Muhammad Abdul Qodir ibn Abi Shalih Zango Dost al-Jaelani) lahir di Jailan atau
Kailan tahun 470 H/1077 M, sehingga diakhir nama beliau ditambahkan kata Al
Jailani atau Al Kailani atau juga Al Jiliydan.(Biografi beliau dimuat dalam
Kitab Adz Dzail ‘Ala Thabaqil Hanabilah I/301-390, nomor 134, karya Imam Ibnu
Rajab Al Hambali). Beliau wafat pada hari Sabtu malam, setelah maghrib, pada
tanggal 9 Rabi’ul Akhir di daerah Babul Azajwafat di Baghdad pada 561 H/1166 M.
Dalam usia 8 tahun ia sudah meninggalkan Jilan menuju
Baghdad pada tahun 488 H/1095 M. Karena tidak diterima belajar di Madrasah
Nizhamiyah Baghdad, yang waktu itu dipimpin Ahmad al-Ghazali, yang menggantikan
saudaranya Abu Hamid al-Ghazali.
Masa
Muda
Beliau meninggalkan tanah kelahiran, dan merantau ke Baghdad
pada saat beliau masih muda. Di Baghdad belajar kepada beberapa orang ulama’
seperti Ibnu Aqil, Abul Khatthat, Abul Husein Al Farra’ dan juga Abu Sa’ad Al
Muharrimi. Beliau belajar sehingga mampu menguasai ilmu-ilmu ushul dan juga
perbedaan-perbedaan pendapat para ulama’. Suatu ketika Abu Sa’ad Al Mukharrimi
membangun sekolah kecil-kecilan di daerah yang bernama Babul Azaj. Pengelolaan
sekolah ini diserahkan sepenuhnya kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani. Beliau
mengelola sekolah ini dengan sungguh-sungguh. Bermukim di sana sambil
memberikan nasehat kepada orang-orang yang ada di sekitar tempat tersebut.
Banyak sudah orang yang bertaubat setelah mendengar nasehat beliau. Banyak
orang yang bersimpati kepada beliau, lalu datang ke sekolah beliau, sehingga
sekolah itu tidak muat menampungnya.
Murid-murid beliau banyak yang menjadi ulama’ terkenal.
Seperti Al Hafidz Abdul Ghani yang menyusun kitab Umdatul Ahkam Fi Kalami
Khairil Anam. Juga Syeikh Qudamah penyusun kitab fiqh terkenal Al Mughni.
Perkataan ulama tentang beliau : Syeikh Ibnu Qudamah
rahimahullah ketika ditanya tentang Syeikh Abdul Qadir, beliau menjawab, ”Kami
sempat berjumpa dengan beliau di akhir masa kehidupannya. Beliau menempatkan
kami di sekolahnya. Beliau sangat perhatian terhadap kami. Kadang beliau
mengutus putra beliau yang bernama Yahya untuk menyalakan lampu buat kami.
Beliau senantiasa menjadi imam dalam shalat fardhu.”
Syeikh Ibnu Qudamah sempat tinggal bersama beliau selama
satu bulan sembilan hari. Kesempatan ini digunakan untuk belajar kepada Syeikh
Abdul Qadir Al Jailani sampai beliau meninggal dunia. (Siyar A’lamin
NubalaXX/442). Beliau adalah seorang ‘alim. Beraqidah Ahlu Sunnah, mengikuti
jalan Salafush Shalih. Dikenal banyak memiliki karamah-karamah. Tetapi banyak
(pula) orang yang membuat-buat kedustaan atas nama beliau. Kedustaan itu baik
berupa kisah-kisah, perkataan-perkataan, ajaran-ajaran, “thariqah” yang berbeda
dengan jalan Rasulullah, para sahabatnya, dan lainnya. Di antaranya dapat
diketahui dari perkataan Imam Ibnu Rajab.”
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah seorang yang diagungkan
pada masanya. Diagungkan oleh banyak para syeikh, baik ‘ulama dan para ahli
zuhud. Beliau banyak memiliki keutamaan dan karamah. Tetapi ada seorang yang
bernama Al Muqri’ Abul Hasan Asy Syathnufi Al Mishri (Nama lengkapnya adalah
Ali Ibnu Yusuf bin Jarir Al Lakh-mi Asy Syath-Nufi. Lahir di Kairo tahun 640 H,
meninggal tahun 713 H. Dia dituduh berdusta dan tidak bertemu dengan Syeikh
Abdul Qadir Al Jailani) mengumpulkan kisah-kisah dan keutamaan-keutamaan Syeikh
Abdul Qadir Al Jailani dalam tiga jilid kitab. Dia telah menulis
perkara-perkara yang aneh dan besar (kebohongannya ). Cukuplah seorang itu
berdusta, jika dia menceritakan yang dia dengar. Aku telah melihat sebagian
kitab ini, tetapi hatiku tidak tentram untuk berpegang dengannya, sehingga aku
tidak meriwayatkan apa yang ada di dalamnya. Kecuali kisah-kisah yang telah
masyhur dan terkenal dari selain kitab ini. Karena kitab ini banyak berisi
riwayat dari orang-orang yang tidak dikenal. Juga terdapat perkara-perkara yang
jauh (dari agama dan akal), kesesatan-kesesatan, dakwaan-dakwaan dan perkataan
yang batil tidak berbatas. (Seperti kisah Syeikh Abdul Qadir menghidupkan ayam
yang telah mati, dan sebagainya.) Semua itu tidak pantas dinisbatkan kepada
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani rahimahullah. Kemudian aku dapatkan bahwa Al
Kamal Ja’far Al Adfwi (Nama lengkapnya ialah Ja’far bin Tsa’lab bin Ja’far bin
Ali bin Muthahhar bin Naufal Al Adfawi. Seoarang ‘ulama bermadzhab Syafi’i.
Dilahirkan pada pertengahan bulan Sya’ban tahun 685 H. Wafat tahun 748 H di
Kairo. Biografi beliau dimuat oleh Al Hafidz di dalam kitab Ad Durarul Kaminah,
biografi nomor 1452.) telah menyebutkan, bahwa Asy Syath-nufi sendiri tertuduh
berdusta atas kisah-kisah yang diriwayatkannya dalam kitab ini.” (Dinukil dari
kitab At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul
Qadir bin Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415
H / 8 April 1995 M.). Imam Ibnu Rajab juga berkata, ”Syeikh Abdul Qadir Al
Jailani rahimahullah memiliki pemahaman yang bagus dalam masalah tauhid,
sifat-sifat Allah, takdir, dan ilmu-ilmu ma’rifat yang sesuai dengan sunnah.
Beliau memiliki kitab Al Ghunyah Li Thalibi Thariqil Haq, kitab yang terkenal.
Beliau juga mempunyai kitab Futuhul Ghaib. Murid-muridnya mengumpulkan
perkara-perkara yang berkaitan dengan nasehat dari majelis-majelis beliau.
Dalam masalah-masalah sifat, takdir dan lainnya, ia berpegang dengan sunnah.
Beliau membantah dengan keras terhadap orang-orang yang menyelisihi sunnah.”
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani menyatakan dalam kitabnya, Al
Ghunyah, ”Dia (Allah) di arah atas, berada diatas ‘arsyNya, meliputi seluruh
kerajaanNya. IlmuNya meliputi segala sesuatu.” Kemudian beliau menyebutkan
ayat-ayat dan hadist-hadist, lalu berkata ”Sepantasnya menetapkan sifat istiwa’
(Allah berada diatas ‘arsyNya) tanpa takwil (menyimpangkan kepada makna lain).
Dan hal itu merupakan istiwa’ dzat Allah di atas arsy.” (At Tashawwuf Fii
Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 515). Ali bin Idris pernah bertanya kepada
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani, ”Wahai tuanku, apakah Allah memiliki wali
(kekasih) yang tidak berada di atas aqidah (Imam) Ahmad bin Hambal?” Maka
beliau menjawab, ”Tidak pernah ada dan tidak akan ada.”(At Tashawwuf Fii
Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 516).
Perkataan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani tersebut juga dinukilkan
oleh Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitab Al Istiqamah I/86. Semua itu
menunjukkan kelurusan aqidahnya dan penghormatan beliau terhadap manhaj Salaf.
Sam’ani berkata, ”Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah
penduduk kota Jailan. Beliau seorang Imam bermadzhab Hambali. Menjadi guru
besar madzhab ini pada masa hidup beliau.” Imam Adz Dzahabi menyebutkan
biografi Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam Siyar A’lamin Nubala, dan
menukilkan perkataan Syeikh sebagai berikut, ”Lebih dari lima ratus orang masuk
Islam lewat tanganku, dan lebih dari seratus ribu orang telah bertaubat.”
Imam Adz Dzahabi menukilkan perkataan-perkataan dan
perbuatan-perbuatan Syeikh Abdul Qadir yang aneh-aneh sehingga memberikan kesan
seakan-akan beliau mengetahui hal-hal yang ghaib. Kemudian mengakhiri
perkataan, ”Intinya Syeikh Abdul Qadir memiliki kedudukan yang agung. Tetapi
terdapat kritikan-kritikan terhadap sebagian perkataannya dan Allah menjanjikan
(ampunan atas kesalahan-kesalahan orang beriman). Namun sebagian perkataannya
merupakan kedustaan atas nama beliau.”( Siyar XX/451 ). Imam Adz Dzahabi juga
berkata, ”Tidak ada seorangpun para kibar masyasyeikh yang riwayat hidup dan
karamahnya lebih banyak kisah hikayat, selain Syeikh Abdul Qadir Al Jailani,
dan banyak diantara riwayat-riwayat itu yang tidak benar bahkan ada yang
mustahil terjadi."
Syeikh Rabi’ bin Hadi Al Madkhali berkata dalam kitabnya, Al
Haddul Fashil, hal.136, ”Aku telah mendapatkan aqidah beliau (Syeikh Abdul
Qadir Al Jailani) di dalam kitabnya yang bernama Al Ghunyah. (Lihat kitab
Al-Ghunyah I/83-94) Maka aku mengetahui bahwa dia sebagai seorang Salafi.
Beliau menetapkan nama-nama dan sifat-sifat Allah dan aqidah-aqidah lainnya di
atas manhaj Salaf. Beliau juga membantah kelompok-kelompok Syi’ah, Rafidhah,Jahmiyyah,
Jabariyyah, Salimiyah, dan kelompok lainnya dengan manhaj Salaf.” (At Tashawwuf
Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul Qadir bin
Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415 H / 8
April 1995 M.)
Inilah tentang beliau secara ringkas. Seorang ‘alim Salafi,
Sunni, tetapi banyak orang yang menyanjung dan membuat kedustaan atas nama
beliau. Sedangkan beliau berlepas diri dari semua kebohongan itu. Wallahu a’lam
bishshawwab.
Kesimpulannya beliau adalah seorang ‘ulama besar. Apabila
sekarang ini banyak kaum muslimin menyanjung-nyanjungnya dan mencintainya, maka
itu adalah suatu kewajaran. Bahkan suatu keharusan. Akan tetapi kalau
meninggi-ninggikan derajat beliau di atas Rasulullah shollallahu’alaihi wasalam,
maka hal ini merupakan kekeliruan yang fatal. Karena Rasulullah shollallahu
‘alaihi wasalam adalah rasul yang paling mulia diantara para nabi dan rasul.
Derajatnya tidak akan terkalahkan di sisi Allah oleh manusia manapun. Adapun
sebagian kaum muslimin yang menjadikan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani sebagai
wasilah (perantara) dalam do’a mereka, berkeyakinan bahwa do’a seseorang tidak
akan dikabulkan oleh Allah, kecuali dengan perantaranya.
Jadi sudah menjadi keharusan bagi setiap muslim untuk
memperlakukan para ‘ulama dengan sebaik mungkin, namun tetap dalam batas-batas
yang telah ditetapkan syari’ah.
Pada tahun 521 H/1127 M, dia mengajar dan berfatwa dalam
semua madzhab pada masyarakat sampai dikenal masyarakat luas. Selama 25 tahun
Abdul Qadir Jaelani menghabiskan waktunya sebagai pengembara sufi di Padang
Pasir Iraq dan akhirnya dikenal oleh dunia sebagai tokoh sufi besar dunia
Islam. Selain itu dia memimpin madrasah dan ribath di Baghdad yang didirikan
sejak 521 H sampai wafatnya di tahun 561 H. Madrasah itu tetap bertahan dengan
dipimpin anaknya Abdul Wahab (552-593 H/1151-1196 M), diteruskan anaknya Abdul
Salam (611 H/1214 M). Juga dipimpin anak kedua Abdul Qadir Jaelani, Abdul Razaq
(528-603 H/1134-1206 M), sampai hancurnya Baghdad pada tahun 656 H/1258 M.
Syeikh Abdul Qadir Jaelani juga dikenal sebagai pendiri
sekaligus penyebar salah satu tarekat terbesar didunia bernama Tarekat
Qodiriyah.
Awal Kemasyhuran Al-Jaba’I berkata bahwa Syaikh Abdul Qadir
Al-Jailani juga berkata kepadanya, “Tidur dan bangunku sudah diatur. Pada suatu
saat, dalam dadaku timbul keinginan yang kuat untuk berbicara. Begitu kuatnya
sampai aku merasa tercekik jika tidak berbicara. Dan ketika berbicara, aku
tidak dapat menghentikannya. Pada saat itu ada dua atau tiga orang yang
mendengarkan perkataanku. Kemudian mereka mengabarkan apa yang aku ucapkan
kepada orang-orang, dan merekapun berduyun-duyun mendatangiku di masjid Bab
Al-Halbah. Karena tidak memungkinkan lagi, aku dipindahkan ke tengah kota dan
dikelilingi dengan lampu. Orang-orang tetap datang di malam hari dan memakai
lilin dan obor dan memenuhi tempat tersebut. Kemudian aku dibawa keluar kota
dan ditempatkan di sebuah mushalla. Namun orang-orang tetap datang kepadaku,
dengan mengendarai kuda, unta bahkan keledai dan menempati tempat di
sekelilingku. Saat itu hadir sekitar 70 orang para wali RadhiAllahu anhum.
Kemudian Syaikh Abdul Qadir melanjutkan, “Aku melihat
Rasululloh SAW sebelum dzuhur, beliau berkata kepadaku, ’Anakku, mengapa engkau
tidak berbicara?’ ’Ayahku, bagaimana aku yang non arab ini berbicara di depan
orang-orang fasih dari Baghdad?’ Beliau berkata, ’buka mulutmu..’ lalu beliau
meniup 7 kali ke dalam mulutku kemudian berkata, ”Bicaralah dan ajak mereka ke
jalan Allah dengan hikmah dan peringatan yang baik.” Setelah itu aku shalat
dzuhur dan duduk dan mendapati jumlah yang sangat luar biasa banyaknya sehingga
membuatku gemetar. Kemudian aku melihat Ali r.a. datang dan berkata, ’Buka
mulutmu...’ Beliau lalu meniup 6 kali kedalam mulutku dan ketika aku bertanya
kepadanya mengapa beliau tidak meniup 7 kali seperti yang dilakukan Rasululloh
SAW, beliau menjawab bahwa beliau melakukan itu karena rasa hormat beliau
kepada RasuluLloh SAW. Kemudian akku berkata, ’Pikiran, sang penyelam, mencari
mutiara ma’rifah dengan menyelami laut hati, mencampakkannya ke pantai dada,
dilelang oleh lidah sang calo, kemudian dibeli dengan permata ketaatan dalam
rumah yang diizinkan Allah untuk diangkat’”. Beliau kemudian menyitir :
"Idan untuk wanita seperti Laila seorang pria dapat membunuh dirinya, dan
menjadikan maut dan siksaan sebagai sesuatu yang manis."
Dalam beberapa manuskrip saya mendapatkan Syaikh Abdul Qadir
Al-Jailani berkata, ”Sebuah suara berkata kepadaku saat aku berada di
pengasingan diri, ‘kembali ke Baghdad dan ceramahilah orang-orang’. Akupun
masuk Baghdad dan menemukan para penduduknya dalam kondisi yang tidak aku sukai
dan karena itulah aku tidak jadi mengikuti mereka.’ ‘Sesungguhnya...,’ kata
suara tersebut, ’mereka akan mendapatkan manfaat dari keberadaan dirimu.’
‘Apa hubungan mereka dengan keselamatan
agamaku/keyakinanku.’ tanyaku. ‘Kembali (ke Baghdad) dan engkau akan
mendapatkan keselamatan agamamu...’ jawab suara itu. Akupun menbuat 70
perjanjian dengan Allah. Di antaranya adalah tidak ada seorangpun yang
menentangku dan tidak ada seorang muridku yang meninggal kecuali dalam keadaan
bertaubat. Setelah itu, aku kembali ke Baghdad dan mulai berceramah. Suatu
ketika saat aku berceramah , aku melihat sebuah cahaya terang benderang
mendatangi aku. ‘Apa ini dan ada apa?’ tanyaku. ‘Rasululloh SAW akan datang
menemuimu untuk memberikan selamat.’ jawab sebuah suara. Sinar tersebut makin
membesar dan aku mulai masuk dalam kondisi spiritual yang membuatku setengah
sadar. Lalu aku melihat RasuLulloh SAW di depan mimbar, mengambang di udara dan
memanggilku, ’Wahai Abdul Qadir...’ Begitu gembiranya aku dengan kedatangan
RasuluLloh SAW, aku melangkah naik ke udara menghampirinya. Beliau meniup ke
dalam mulutku 7 kali. Kemudian Ali datang dan meniup ke dalam mulutku 3 kali.
’Mengapa engkau tidak melakukan seperti yang dilakukan RasuluLloh SAW?’ tanyaku
kepadanya. ‘Sebagai rasa hormatku kepada Rasulullah SAW.' jawab beliau.
RasuluLlah SAW kemudian memakaikan jubah kehormatan
kepadaku. ‘Apa ini?’ tanyaku. ‘Ini...’ jawab Rasulullah, ’adalah jubah
kewalianmu dan dikhususkan kepada orang-orang yang mendapat derajad Qutb dalam
jenjang kewalian.’ Setelah itu, akupun tercerahkan dan mulai berceramah.
Saat Khidir as. datang hendak mengujiku dengan ujian yang
diberikan kepada para wali sebelumku, Allah membukakan rahasianya dan apa yang
akan dikatakannya kepadaku. Aku berkata kepadanya, ”Wahai Khidir, apabila
engkau berkata kepadaku ’Engkau tidak akan sabar kepadaku...’ maka aku akan
berkata kepadamu ‘Engkau tidak akan sabar kepadaku..’ Wahai Khidir, Engkau
termasuk golongan Israel sedangkan aku termasuk golongan Muhammad, maka inilah
aku dan engkau. Aku dan engkau seperti sebuah bola dan lapangan, yang ini
Muhammad dan yang ini Ar-Rahman, ini kuda berpelana, busur terentang dan pedang
terhunus.”
Al-Khattab pelayan Syaikh Abdul QAdir meriwayatkan bahwa
suatu hari ketika beliau sedang berceramah tiba-tiba beliau berjalan naik ke
udara dan berkata, “Hai orang Israel, dengarkan apa yang dikatakan oleh kaum
Muhammad.” lalu kembali ke tempatnya. Saat ditanya mengenai hal tersebut beliau
menjawab, ”Tadi Abu Abbas Al-Khidir as lewat, maka akupun berbicara kepadanya
seperti yang kalian dengar tadi dan ia berhenti.”
Guru dan teladan kita Syaikh Abdul Qadir Al-Jilli berkata,
”Seorang Syaikh tidak dapat dikatakan mencapai puncak spiritual kecuali apabila
karakter berikut ini telah mendarah daging dalam dirinya yaitu :
Dua
karakter dari Allah yaitu dia menjadi seorang yang Sattar (menutup aib) dan
Ghaffar (Maha pemaaf).
Dua
karakter dari RasuluLlah SAW yaitu penyayang dan lembut.
Dua
karakter dari Abu Bakar yaitu jujur dan dapat dipercaya.
Dua
karakter dari Umar yaitu amar ma’ruf nahi munkar.
Dua
karakter dari Utsman yaitu dermawan dan bangun (tahajjud) pada waktu orang lain
sedang tidur.
Dua
karakter dari Ali yaitu aalim (cerdas/intelek) dan pemberani.
Masih berkenaan dengan pembicaraan di atas dalam bait syair
yang dinisbatkan kepada beliau dikatakan :
“Bila
lima perkara tidak terdapat dalam diri seorang syaikh maka ia adalah Dajjal
yang mengajak kepada kesesatan”.
Dia harus sangat mengetahui hukum-hukum syariat dzahir,
mencari ilmu hakikah dari sumbernya, hormat dan ramah kepada tamu, lemah lembut
kepada si miskin, mengawasi para muridnya sedang ia selalu merasa diawasi oleh
Allah.
Syaikh Abdul Qadir juga menyatakan bahwa Syaikh Al-Junaid
mengajarkan standar Al-Qur’an dan Sunnah kepada kita untuk menilai seorang
Syaikh. Apabila ia tidak hapal Al-Qur’an, tidak menulis dan menghapal Hadits,
maka dia tidak pantas untuk diikuti.
Menurut saya (penulis buku) yang harus dimiliki seorang
Syaikh ketika mendidik seseorang adalah dia menerima si murid untuk Allah,
bukan untuk dirinya atau alasan lainnya. selalu menasihati muridnya, mengawasi
muridnya dengan pandangan kasih. Lemah lembut kepada muridnya saat sang murid
tidak mampu menyelesaikan Riyadhah. Dia juga harus mendidik si murid bagaikan
anak sendiri dan orang tua penuh dengan kasih dan kelemah lembutan dalam
mendidik anakknya. Oleh karena itu dia selalu memberikan yang paling mudah
kepada si murid dan tidak membebaninya dengan sesuatu yang tidak mampu
dilakukannya. Dan setelah sang muuriid bersumpah untuk bertobat dan selalu taat
kepada Allah baru sang syaikh memberikan yang lebih berat kepadanya.
Sesungguhnya bai’at bersumber dari hadits RasuluLlah SAW ketika beliau
mengambil bai’at para sahabatnya.
Kemudian dia harus mentalqin si murid dengan zikir lengkap
dengan silsilahnya. Sesungguhnya Ali ra. Bertanya kepada RasuluLloh SAW, ‘Yaa
Rasulullah, jalan manakah yang terdekat untuk sampai kepada Allah, paling mudah
bagi hambanya dan paling afdhal di sisi Nya. RasuluLlah berkata,’Ali, hendaknya
jangan putus berzikir (mengingat) kepada Allah dalam khalwat (kontemplasinya)’.
Kemudian Ali ra. Kembali berkata , ‘Hanya demikiankah fadhilah zikir, sedangkan
semua orang berzikir’. RasuluLlah berkata,’Tidak hanya itu wahai Ali, kiamat
tidak akan terjadi di muka bumi ini selama masih ada orang yang mengucapkan
“Allah” “Allah”. ‘Bagai mana aku berzikir?’. Tanya Ali. RasuluLlah bersabda,
’dengarkan apa yang aku ucapkan. Aku akan mengucapkannya sebanyak tiga kali dan
aku akan mendengarkan engkau mengulanginya sebanyak tiga kali pula’. Lalu
RasuluLlah berkata, “Laa ilaaha illallah” sebanyak tiga kali dengan mata
terpejam dan suara kjeras. Ucapan tersebut di ulang oleh Ali dengan cara yang
sama RasuluLlah lakukan. Inilah asal talqin kalimat Laa ilaaha Illallah. Semoga
Allah memberikan taufiknya kepada kita dengan kalimat tersebut.”
Syaikh Abdul Qadir berkata, ”Kalimat tauhid akan sulit hadir
pasda seorang individu yang belum di talqin dengan zikir bersilsilah kepada
RasulluLlah oleh Mursyidnya saat menghadapi sakaratil maut.”
Karena itulah Syaikh Abdul Qadir selalu mengulang-ulang
syair yang berbunyi : "Wahai yang enak diulang dan diucapkan (kalimat
tauhid) jangan engkau lupakan aku saat perpisahan (maut)."
http://www.mrwindu.com/2012/01/biografi-syech-abdul-qodir-al-jailani.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar